5P dan
7P Dalam Bauran Pemasaran (Market Mix)
· 5P (Konvensional)
5P adalah taktik marketing yang dapat Anda
gunakan dalam kombinasi yang berbeda – beda untuk memenangkan hati klien dalam
target market Anda. 5P ini dapat Anda kontrol bergantung pada kondisi internal
dan eksternal Anda. Kombinasi taktik marketing yang berbeda – beda untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginan klien Anda disebut sebagai penggunaan
‘tactical marketing mix’. Mari kita ulas apa sajakah 5P itu ?
1. Product
Product
disini mengacu pada apa yang Anda jual, termasuk fitur dan keuntungan yang akan
didapatkan oleh klien Anda dengan membeli produk atau servis Anda. Saat
memasarkan product Anda, pikirkan fitur kunci dan kelebihan yang diinginkan
atau dibutuhkan oleh klien Anda. Anda dapat menggunakan research and
development untuk menginfokan perkembangan baru dari produk.
2. Price
Price
berhubungan dengan strategi harga produk dan servis dan bagaimana itu akan
mempengaruhi klien Anda. Anda harus mengidentifikasikan seberapa besar klien
Anda akan membayar produk Anda, margin profit dan metode pembayaran, juga biaya
lainnya. Untuk menarik pelanggan dan memenangkan kompetisi, Anda sepertinya
juga harus mempertimbangkan kemungkinan memberikan diskon.
3. Promotion
Aktivitas
promosi yang patut Anda gunakan untuk menarik klien Anda seperti iklan, taktik
penjualan, promosi, dan penjualan langsung. Secara umum kegiatan tersebut
disebut sebagai taktik marketing.
4. Place
Place
adalah dimana produk atau servis Anda akan dilihat, dibuat, dijual, atau
didistribusikan. Akses klien menuju ke produk atau servis Anda adalah kunci
utama dan sangat penting untuk memastikan klien dapat menemukan Anda dengan
mudah.
Jika
Anda baru memulai bisnis baru, menemukan lokasi bisnis yang tepat adalah kunci
utama taktik marketing Anda.
5. People
People
mengacu pada staf dan salesman yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk diri
Anda sendiri. Saat Anda menyediakan customer service yang unggul, Anda
telah membangun pengalaman positif untuk klien Anda, dan secara tidak langsung
Anda juga telah menjual brand Anda pada klien. Sebagai balasan, klien yang ada
akan menyebarluaskan servis unggul Anda dan menjalankan program referral Anda.
Ciptakan
keuntungan bisnis Anda dengan merekrut orang yang tepat, memberikan pelatihan
pada karyawan Anda untuk mengembangkan kemampuan dan mempertahankan staf yang
cakap
· 7P(commercial)
Dalam komunikasi
pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud dalam bauran
komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran (marketing mix), lalu
bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah bagian dari marketing
mix, namun kini lebih spesifik. Dalam
marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang
menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi
komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion,
people, process, dan physical evidence.
1. Product
(The Services)
Produk jasa
merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen,
dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli barang atau
jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan. Pengertian yang
ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang didapat oleh konsumen, baik barang
atau jasa maupun kombinasinya.
2. Price
Penetapan harga
merupakan suatu hal penting. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh
pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total
dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan
sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta
persaingan.
3. Place
Tempat atau lokasi
yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah
terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya rental atau
investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat
terkompensasi dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi yang kurang
strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk menarik konsumen
agar berkunjung. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik tersendiri bagi
para target konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan yang memberikan
kenyamanan. Lokasi pemasaran juga menjadi bagian dari unsur place yang penting.
Survey dan data-data yang efektif mengenai area pemasaran juga akan menjadi
sangat penting sebelum menentukan tempat atau lokasi pemasaran
4. Promotion
Promosi merupakan
suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, dibawah
pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif
yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara
langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian. Tujuan
kegiatan promosi antara lain :
· Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
· Mengkomunikasikan produk baru
· Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas
· Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk
· Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu produk.
5. People
People merupakan
aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan
dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja
tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge
(pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal
perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam
people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment
of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen.
Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti
penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan
tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian
pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.
6. Process
Process, mutu
layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat
bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk
menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus
dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan
yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya
bekerja.
7. Physical
Evidence
Building merupakan bagian
dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah
bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter . Perhatian terhadap
interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang
lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung.
Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan ambience sehingga
memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan nilai tambah bagi
pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan kelas market
khusus.
Referensi
:1.https://mebiso.com/sudah-tahu-5p-dalam-marketing-ada-apa-saja-ini-dia-jawabannya/ (diakses Jumat,09 November 2018)
2.http://www.danisetiawanku.com/2011/01/7-p-dalam-bauran-pemasaran.html?m= (diakses Jumat,09 November 2018)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar